WELCOME TO ANAK RANTAU BLOG'S

Thursday, October 16, 2014

10 Kuliner





1.KETUPAT GULAI TUNJANG 




saya ingin menulis tentang kuliner yang ada di kampung saya yang biasa disebut dengan ketupat gulai tunjang,kuliner yang satu ini adalah makanan yang populer di pariaman terutama pada hari libur seperti hari minggu. kuliner satu ini sangat diminati semua kalangan baik dari kalangan menengah ke atas sampai menengah ke bawah,karna kuliner ini sangat lezat,dan kuliner ini berbahan utama kaki sapi/tunjang yang biasa disebut mirip kikil,tetapi lebih tebal, kenyal, dan lembut. 

Kalau kikil lebih keras karena kulit luar sapi, sedangkan tunjang ini “dagingnya” kaki sapi dan yang melekat ke tulang. Di atas ketupat disiram kuah santan yang kuning dan kental, di atasnya ada beberapa potong gulai cubadak atau nangka muda,Di atasnya ditambahkan kerupuk merah dan emping goreng. Tampilannya terlihat lezat.

2. RENDANG


Mungkin ditelinga anda semua, rendang pasti tidak asing lagi kan..?. Dengan rasa khas bumbu minang, rendang paling sering dipadukan dengan daging sapi meskipun banyak alternatif lain dapat di buat dengan bumbu rendang sepeti rendang telur, bahakan rendang ayam. 

Salah satu karakteristik dari masakan rendang adalah sifatnya yang tahan lama dan memasak rendang daging yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, rasa yang dihasilkan pun tentunya menggugah selera. Proses pembuatan rendang sapi bisa memakan cukup waktu. biasanya memasak rendang membutuhkan waktu sekitar 6 jam lebih dan Perlu kesabaran dalam mengaduk masakan rendang daging lebih lama agar daging yang dihasilkan empuk dan bumbu yang digunakan dapat meresap. 

3.DENDENG BATOKOK CABE HIJAU

Batokok dalam bahasa padang berarti dipukul-pukul,nama dendeng batokok adalah dari proses pengolahan daging yang dipukul-pukul.Meski dendeng ini tidak dibakar namun tekstur daging lunak dengan rasa gurih, asam dan pedas sambal lado hijo yang menyengat dari cabe. cocok sekali dengan lidah orang indonesia yang suka pedas

Dendeng adalah daging sapi yang dipukul hingga tipis dan kemudian di goreng. Dendeng Batokok adalah dendeng yang memakai irisan cabe hijau yang berasal dari Sumatera Barat. Dendeng disini dipukul pake batu apung atau batu apa gitu sehingga bisa empuk seperti itu.dendeng batokok aslinya dibakar diatas bara sabut kelapa.

4.SATE PADANG


Sate padang adalah kuliner khas di padang khususnya,kuliner ini berbahan utama daging sapi yang ditusuk dengan tusuk sate dan kemudian di bakar di atas bara api sampai daging nya matang dan kuliner ini ditemani dengan beberapa buah ketupat sebagai pelengkap ,kuliner ini mempunyai kuah yang berwarna merah tetapi ada juga yang berwarna kuning tapi rasanya tidak usah diragukan lagi so pasti sudah top markotop dah dan kuliner ini biasanya disajikan di atas piring dengan alas daun pisang, keharuman aromanya jadi sangat terasa.Bumbu satenya pun telah ditambahkan cabai sehingga memberi rasa pedas yang khas..

5.SALA BULEK (SALA BULAT)

Sala Bulat adalah salah satu makanan khas pariaman yang terkenal,makanan ini berbentuk bulat sesuai dengan namanya warnya kuning kecoklatan akibat di goreng,dan proses pembuatanya juga cukup sederhana,Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Sala bulek cukup mudah didapatkan, yaitu; 1 bungkus Tepung Beras Ross Brand, Garam, penyedap rasa, Lengkuas, Jahe, Kunyit, Bawang Merah, Bawang Putih, Seledri, dan Daun Kunyit. Proses pembuatannya pun cukup sederhana. Lengkuas, Jahe, Kunyit, Bawang Merah dan Bawang Putih di giling halus. Sementara Daun Kunyit dan seledri di iris tipis. Kemudian, Tepung Beras di randang (Sangrai) dengan menggunakan kuali selama lebih kurang 15 menit. Saat me-nyangrai tepung, rebus air hingga mendidih lebih kurang satu setengah gayung.

6.KERIPIK SANJAI

Keripik sanjai adalah makanan yang khas dari Bukittinggi,Kripik ini dibuat dari singkong yang di iris tipis lalu di goreng dan di beri garam sebagai penyedapnya,kripik ini enak disantap kapan saja sebagai cemilan di rumah anda..

7.LAMANG TAPAI

ini adalah kuliner yang sangat populer di daerah SUMBAR terutama pariaman,kuliner ini biasanya dibuat kalau ada acara yang besar seperti acara pernikahan,maulid nabi muhammad SAW,acara acara lainya,Bahan utamanya terdiri dari, beras ketan putih, santan kelapa, daun pandan, dan sedikit garam. Untuk membuat lamang, memerlukan sebilah ruas bambu muda. Setelah beras ketan dicuci, lalu dimasukkan ke ruas bambu muda, yang bagian dalamnya terlebih dahulu dilapisi daun pisang.

Kemudian, dituangkan santan ke dalamnya, lalu dibakar. Membakarnya mesti hati-hati, sehingga tidak sampai ruas bambu terbakar. Sementara tapai, adalah tape. Dalam urusan lamang tapai, tape yang dimaksud adalah tape ketan hitam, lengkap dengan kuahnya.


8.SALA LAUAK (SALA IKAN)


Sala lauak merupakan hidangan berbentuk gumpalan sebesar ibu jari yang terbuat dari adonan daging ikan yang dihaluskan dan dicampur tepung. Adonan tersebut kemudian dibentuk menjadi gumpalan dan digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Gumpalan-gumpalan bertekstur renyah ini memiliki citarasa yang dominan asin dan gurih dengan aroma rempah berasal dari beberapa jenis bumbu yang ditambahkan didalamnya.

Sala berbentuk bulat ini terbuat dari bahan ikan asin yang dihaluskan dan dicampur bersama adonan tepung beras yang dibumbui bawang putih. Sala jenis ini memiliki tekstur bagian luar yang sedikit keras dan bagian dalam yang lebih lunak.

Selain jenis sala lauak yang berbentuk bulat, terdapat varian jenis lain yang berbentuk lebih pipih dan cenderung tidak beraturanala jenis ini dibuat dari jenis ikan basah yang disebut ikan stuhuak yang digiling hingga halus

9.KRIPIK BALADO

Keripik balado sendiri sebenarnya adalah kripik singkong atau ubi kayu,. Namun bedanya pada kripik balado di campur dengan bumbu yang menyerupai sambal yang merah dan kental seperti krim gula karamel.. dan membuatnya pun tidak begitu sulit.

cara membuatnya pun cukup gampang yaitu dengan cara,Kupas singkong dan cuci bersih,Iris tipis singkong dengan menggunakan alat pengiris,Rendam dalam air yang berisi garam dan sedikit air kapur. Angkat dan bersihkan,Rendam kembali dalam air,Goreng irisan singkong tersebut dengan menggunakan minyak yang banyak dan api yang sedang.,Goreng sampai matang. Angkat dan tiriskan,sesudah itu campurkan dengan bumbu dan aduk sampai rata.

10.KUE PANYARAM

Kue ini adalah salah satu kuliner khas Padang yang mungkin tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan rendang. Eitss, tapi bukan berarti gak terkenal karena gak enak ya. Tentunya kue yang terbuat dari beras ketan dan tambahan gula anau juga punya cita rasa yang cucok. Jika kamu sedang ada di Padang jangan lupa untuk cobain camilan nikmat ini. Kamu bisa menemukannya di daerah Payakumbuh atau di Kayu Tanam.

No comments:

Post a Comment