WELCOME TO ANAK RANTAU BLOG'S

Wednesday, October 1, 2014

TUGAS SOFTSKILL (1S)

1.JELASKAN APA YANG DIMAKSUD DENGAN AKTIVITAS BISNIS ?

= Aktifitas bisnis terdiri dari 2 kata yaitu "aktivitas" dan "bisnis" 



  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, aktivitas artinya adalah “kegiatan / keaktifan”. 
  • W.J.S. Poewadarminto menjelaskan aktivitas sebagai  suatu kegiatan atau kesibukan.
  • S. Nasution menambahkan bahwa aktivitas merupakan keaktifan jasmani dan rohani dan kedua-keduanya harus dihubungkan
  • Bisnis menurut pandangan ilmu ekonomi adalah sebuah organisasi dengan tujuan menjual barang dan jasa kepada pembeli atau usaha lainnya dengan tujuan mendapatkan laba keuntungan.
jadi,dari kedua pengertian diatas dapat saya simpulkan bahwa pengertian dari "Aktifitas Bisnis" adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh suatu organisasi maupun individu yang menjual barang dan jasanya kepada konsumen untuk memperoleh keuntungan.

2.JELASKAN APA YANG DIMAKSUD DENGAN PERUSAHAAN ?

# MOLENGRAAFF
Perusahaan adalah keseluruhan perbuatan yang dilakukan secara terus menerus, bertindak keluar, untuk memperoleh penghasilan dengan cara memperdagangkan atau menyerahkan barang atau mengadakan perjanjian perdagangan
# UU No.8 TAHUN 1997, PASAL 1 (1)
Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang melakukan kegiatan secara tetap dan terus-menerus dengan memperoleh keuntungan dan atau laba bersih, baik yang diselenggarakan oleh orang perorangan maupun badan usaha yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum, yang didirikan dan berkedudukan dalam wilayah negara RI
# MURTI SUMARNI (1997)
Perusahaan adalah sebuah unit kegiatan produksi yang mengolah sumber daya ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.
jadi saya dapat menyimpulkan bahwa "Perusahaan" adalah salah satu bentuk usaha yang mencari keuntungan atau laba, baik yang bergerak dibidang usaha perdagangan, usaha produksi barang, atau usaha jasa dan memiliki struktur organisasi, lokasi dan karyawan atau pegawai. 

3.UNTUK APA BISNIS DILAKUKAN ?

Menurut saya bisnis dilakukan untuk memperoleh suatu keuntungan dari proses penjualan barang dan jasa,tetapi ada juga bisnis yang dilakukan bukan untuk memperoleh keuntungan atau laba contohnya saja bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. 

4.Jika anda menjadi seorang pengusaha, bisnis apa yang akan anda pilih dan bagaimana strategi dalam menghadapi persaingan agar bisnis yang anda pilih dapat bertahan dan tidak mengalami kerugian ?

= Jika,saya menjadi seorang pengusaha,menurut saya bisnis yang akan saya pilih adalah bisnis yang belum pernah orang lain lakukan,dan strategi saya dalam menjalankan bisnis saya itu adalah
  • Selalu bekerja keras dan tidak putus asa
  • Selalu mengingat ALLAH SWT,karena semua telah diatur oleh ALLAH SWT.
  • Memberi kebebasan dan pelayanan yang istimewa kepada pelanggan dalam mendapatkan layanan yang ada. 
  • mengiming-imingi pelanggan dengan potongan harga dan kemudahan kredit
  • pemberian bonus pada akhir tahun atau pada tahun baru kepada para pekerja,supaya para pekerja lebih giat dan tidak jenuh
  • Harus menghormati pelanggan setiap waktu
  • Pandai merebut peluang
  • Jangan suka menunggu karena peluang tidak pernah menunggu kita
  • DLL.

No comments:

Post a Comment